Semiotika dalam Kehidupan Sehari-hari

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang makna dari tanda. Di dalam kehidupan sehari-hari ini, ada banyak tanda yang tanpa sadar ternyata itu adalah bentuk dari komunikasi non verbal pula. Sebut saja ketika kita melihat barang-barang yang mengandung ‘kenangan’ kemudian seolah kita dapat kembali melihat, mengingat dan merasakan bagaimana kenangan itu mengalir.

 

Seperti saya yang akan menceritakan cerita ketika saya kecil dimana dunia hiburan selain bermain dengann teman-teman adalah dengan menonton tv, yang mana gawai pada saat itu masih sangat terbatas.




 

Saya masih ingat betul, ketika saya masih kecil, keluarga kami memiliki TV analog yang menjadi pusat hiburan di rumah kami. Saat itu, kami hanya bisa menonton siaran televisi yang tersedia pada waktu itu, dan tidak ada cara untuk menonton tayangan kembali atau merekam acara televisi tersebut. Kami juga harus menyesuaikan antena televisi kami dengan sangat hati-hati untuk mendapatkan sinyal yang jelas. Seringkali, kami harus berdiri dengan posisi tertentu atau memegang antena dengan posisi yang benar untuk mendapatkan sinyal yang jelas dan jernih.

 

Meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam TV analog kami, itu masih merupakan sumber hiburan yang penting bagi keluarga kami. Kami bersama-sama menonton acara kesukaan kami, berdiskusi dan tertawa bersama.

Saat ini, saya melihat kembali pengalaman saya sebagai pengguna televisi analog dengan nostalgia. Meskipun ada beberapa kesulitan, saya merasa bahwa televisi analog memberikan pengalaman menonton yang berbeda dan berkesan, yang tidak terlupakan. Saya senang bahwa itu menjadi bagian dari kisah hidup saya.


Melalui studi semiotika, kita dapat memahami bagaimana tanda-tanda dan makna dipertukarkan dan diterima dalam konteks budaya dan sosial yang berbeda, dan bagaimana ini mempengaruhi cara kita memahami dunia di sekitar kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos & Pengalaman Estetis dalam Lagu “Story Of My Life” One Direction

Inovasi Bentuk Figur Kayon Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta