Abstrak Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Iklan Go-Food "Ibu sedang sibuk"
Nama : Roby Cahyani (202146500868)
Nama : Siti Syarah Fauziah (202146500874)
Kelas : R4K
Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Iklan Go-Food "Ibu sedang sibuk"
Abstrak ini membahas tentang analisis iklan layanan GoFood dengan menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan analisis isi iklan GoFood yang dipublikasikan pada media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penggunaan tanda dan simbol dalam iklan GoFood untuk membentuk makna dan mempengaruhi persepsi konsumen tentang layanan GoFood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan GoFood menggunakan berbagai tanda dan simbol, seperti gambar, warna, kata-kata, dan tata bahasa untuk membentuk makna dan mempengaruhi persepsi konsumen tentang layanan GoFood.
Beberapa contoh tanda dan simbol yang ditemukan dalam iklan GoFood adalah logo GoFood yang menampilkan kata "GO" dan makanan, warna hijau yang melambangkan kesegaran dan keamanan, dan kata-kata yang menekankan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan layanan GoFood. Selain itu, iklan GoFood juga menggunakan teknik semiotik lain seperti intertekstualitas dan konotasi untuk membentuk makna dan mempengaruhi persepsi konsumen. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan dan pemasar dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien dengan memahami cara penggunaan tanda dan simbol dalam iklan untuk membentuk makna dan mempengaruhi persepsi konsumen tentang produk atau layanan.
Kata Kunci: Semiotika, Youtube, Iklan.
Komentar
Posting Komentar